Alhamdulillah....

Daisypath Anniversary tickers

Kamis, 13 Oktober 2011

BETAWI PLEASE...

Haiya..selamat sore semua..

Lagi browsing browsing n nemu informasi berharga ini. Alhamdulillah,,,sesuatu banget! Kan emang dari kemarin eike belum nemu juga penampakan kebaya akad yang diinginkan, plus ada keinginan juga buat ga pake brokat buat bajunya. Dan,,,seolah ditunjukkan jalan oleh Allah, sore ini gue dapet artikel tentang baju akad nikahnya betawi. Jingkrak jingkrak n guling guling kesenengan, karenaaaa ternyata :

1. Bajunya adalah baju kurung, bukan kebaya! Asikkkk
2. Ga pake brokat lah ya pastinya..
3. Bajunya ga ngablak n unik banget!

Ini penampakannya :




Gambar diambil dari website weddingku, dan berikut penjelasan dari weddingku :

PENGANTIN WANITA




Busana pengantin Betawi ini digunakan pada saat menjelang akad nikah. Karena itu disebut busana pengantin Betawi Rias Bakal. Busana pengantin wanita terdiri dari baju kurung bertabur payet dengan panjang sekitar 10 cm di atas lutut. Baju ini dihiasi lidah-lidah pada leher dan dada sehingga terlihat indah. Dahulu, pengantin wanita mengenakan pula selendang yang diletakan di pundak kanan. Namun, hal itu sudah jarang digunakan. Baju tersebut dipadukan dengan kain songket Palembang, Padang, atau Medan. Tak lupa selop, gelang listring, dan cincin belah rotan sebagai pelengkapnya.

PENGANTIN PRIA




Pengantin pria mengenakan jas, kemeja lengan panjang, sarung plekat, sepatu hitam dan ronce bunga melati. Tapi hal ini sudah tidak terlalu baku sehingga bisa dimodifikasi dengan menggunakan beskap, celana panjang sewarna dengan beskap, dan kain yang sama dengan mempelai wanita.

WOW WOW WOW betapa kayanya kebudayaan kita yah.. Dan, i need a little help lagi nih dari teman teman per-blog-an-ku tercinta.. ada yang tau ga baju ginian pesen dimana? Kalau ada yang nyewain lebih bagus lagi :) hehehehe

Dimohon informasinya ya temen temenku yang baik... Semoga Allah memudahkan semua rencana kita (para CPW khususnya) dan melancarkan semuanya sampai hari H nanti ya teman teman,, Amin...

Salam,

Rulinaline

6 komentar:

  1. setau ogut pengaten perempuan pk "tirai" manikmanik gt sambungan dr hiasan kepala bwt bagian 'adat' ny.

    hhmm...entahLah..mgkn sdh modifikasi

    :D
    hehehe

    BalasHapus
  2. Itu buat busana kebesarannya, biasanya dipakai pada saat pesta resepsi. Kalau ini adalah busana pengantin rias bakal,lebih sederhana n digunakan menjelang akad nikah.

    BalasHapus
  3. salam kenal..

    aku juga mau pake adat betawi nih.. boleh share ga kamu akhirnya dpt baju betawi dimana say? thanks..

    BalasHapus
  4. kalau baju kayak contoh diatas gue mau jahit sendiri say... tapi buat resepsi gue pakai sanggar rias abuti. kalau mau coba deh liat2 bajunya sanggar liza, cipta busana martha tilaar atau H. surya rusli.

    BalasHapus
  5. ooh gituu.. thanks yah infonya.. Yg Sanggar Liza lumayan byk yg rekomendasiin yah.. Ntar coba aku gugling2 dulu ^^

    BalasHapus